Senin, 16 September 2019

Cerita Bahasa Arab


Cerita Bahasa Arab
الرَا عَي وَ الذَئْبُ
        كَانَ الوَلَدً يَرْعىَ غَنَمًا. فَيَخْرُخُ بِهَا كُلَّ يَوْمٍ اِلَي مَرْعِى قَرِيْبٌ مِنْ بَلَدِهِ. لِتَأْكُلَ مِنَ العَشْبِ الأَخْضَرِ.
        وَعِنْدَمَا سَئِمَ الرَّخُلُ بِالأَعْمَالِ المملة تَحْظُرُ بباله سخرية أهل ابلاد. فَصَاحَ بأَعْلِى صَوْتِهِ "الذِئْبُ,الذِئْبُ!!".
        فَخَرَجَ الِجَالٍ بِعِصِيْهِمْ لِنَجْدَتِهِ. وَلَكِنَهُمْ لَمْ يَجِدُوا شَيْئًا فَعَادَو مِنْ حَيْثُ أَتَواوَالوَلَدُ يَضْحَكُ مِنْهُمْ, وفِي اليَومِ التالِي أَتَى ذَئْبُ خَقِيْقَةً. فَخَافَ الوَلَدُ وَزَعَقَ مَرَّةً أُخْرَى
        "الذئْبُ,الذَئْبُ!!". فَظَنَّ النَّاسُ أَنَّ الوَلَدَ عَادَ يَسْتَجَّرَمِنْهُمْ. كَامَ فَعَلَ اَوَّلَ مَرَّةٍز وَلِذَلِكَ لَمْ يَهْتَمُوا الصاحِهِ. فَفَتَكَ الذَئْبُ بِعَدَدِ عَظِيْمٍ مِنْ الغَنَمِ. وَلَوْ لاَ كَذَبَهُ فِي المَرَّةٍ الأُوْلَى لَصَدَقَةُ النَّاسُ عِنْدَ صِيَاحَةِ فِي المَرَّةِ الثَانِيَةٍ.
PENGEMBALA DAN SERIGALA
        Ada seorang anak sedang mengembala biri-biri. Dan ia keluar dengan biri-birinya setiap hari ke tempat yang dekat dari kotanya untuk makan rumputan hidup yang hijau.
        Dan pada suatu hari anak ini ingin nentertawakan para penduduk kota. Maka berteriaklah anak tersebut dengan suaranya yang keras “Serigala, serigala!!”. Maka keluarlah para laki-laki dengan alat pemukul untuk memeranginya. Tetapi mereka tidak menemukan sesuatu lalu mereka pulang dari mana mereka dating, dan anak kecil tersebut menertawainya. Dan hari berikutnya datanglah serigala yang sebenarnya. Maka anak tersebut merasa takut dan dia berteriak sekali lagi “Serigala, serigala!!” maka orang-orang tersebut menyangka anak tersebut kamabali menertawai mereka. Sebagaimana yang ia lakukan sebelumnya. Dan oleh karena itu mereka tidak memperhatikan teriakan anak tersebut. Dan serigala menyerang domba dengan jumlah yang besar. Dan apabila anak tersebut tidak berbohong dari awal, maka orang-orang akan mempercayainya pada teriakannya yang kedua.

الشَرَّ بِالشَرِّ
        كَانَ وَلَدٌ فَقِيْرٌ جَالِسًا فِي الطَرِيْقِ يأْكُلُ خُبْزًا. فَرَأَى كِلْبًا نَائِمًا عَلَى بَعِدِ. فَنَا دَاهُ وَ مَدَّلَهُ يَدَهُ بِقَطَعِةِ مِنَ الخُبْزِ. حَتَّى ظَنَّ الكَلْبُ أَنَّهُ سَيَعْطِيهِ. فَقَرَبَ مِنْهُ لِيَتَنَاوَلَ الخُبزَ.
         فَضَرَبَهُ الصَبِي بِالعَصَا عَلَا رَأْسِهِ. فَقَرَّ الكَلْبُ وَهُوَ يَعْوِي مِنْ شَدَّةِ الأَلِمِ. وَفِي ذّلِكَ الوَقْتُ كَانَ رَجُلً يَطَلًّ مَنْ شَبَّاكَةِ. وَرَأَى مَا فَعَلَ الصَبِى. فَنَزَلَ  إِلَى البَابِ وَمَعَهُ عَصَا خَبَأهَا وَرَاءَهُ. وَنَادَى الصَبَي وَأَبْرَزَلَهُ قّرِشٍا. فَأَسْرَعَ الصَبِي وَمَدَّيَدَهُ لِيَأْخُذَ القَرش.
         فَضَرَبَهُ الرَّجُلُ بِال‘َصَا عَلَى أَصَابِعِهِ. ضَرْ[َةً خَعَلَتَهُ يَصْرِخُ أكَثِرَ مِنَ الكَلْبِ. ثُمَّ قَالَ لَلرَجُلِ. "لَمْ تَضْرِبَنِى وَ أَنَا لَمْ أَطْلُبَ شَئٍا" فَأَجَابَهُ الرَّجُلُ "وَلَمْ تَر الكَلْبِ وَهُوَ لَمْ يَطْلُبُ مِنْكَ شَيْئًا. فَجَزَاءَ سَيْئَةٌ سَيْئَةً مِشْلِهَا"
KEJAHATAN DI BALAS DENGAN KEJAHATAN
        Ada seorang anak yang fakir sedang duduk di jalanan sedang memakan sebuah roti. Kemudian anak kecil tersebut melihat dari kejauhan seekor anjing sedang tertidur. Anak kecil tersebut memanggil anjing tersebut dengan memberikannya potongan roti yang ia makan sehingga anjing tersebut menganggap bahwa anak kecil tersebut akan memberinaya.
        Mendekatlah anjing tersebut untuk memakan roti yang i8a berikan. Tk disangka-sangka anak kecil tersebut memukul kepala anjing menggunakan kayu. Maka berlarilah anjing tersebut sambil menggongging karena kesakitan.

4 komentar:

MY DAILY ACTIVITY

my LOGBOOK KEGIATAN HARIAN SANTRIWATI PPTA Nama Sekolah : MTs Taruna Al Quran                Nama Santri : Lintang Marwa   H...